Source: http://amronbadriza.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-anti-copy-paste-di-blog.html#ixzz2DIUY9wPE

Senin, 12 November 2012

Kapan Kita Harus Sabar?

Diposting oleh Unknown di 23.22
Kapan Kita Harus Sabar?
Assalamualaikum wr.wb
Sabar menurut penilaian orang itu mungkin berbeda-beda, orang selalu bilang kita harus sabar dalam menghadapi apapun misalnya cobaan, musibah. Terus kapan kita harus sabar? Walau sabar menurut pandangan setiap orang itu berbeda tapi aku akan menuliskan beberapa jenis sabar dan berharap tulisanku ini bermanfaat untuk anda semua.

• Sabar saat menghadapi cobaan atau masalah
Pada hakikatnya kehidupan di dunia ini hanyalah sementara yang penuh dengan ujian dan cobaan, kita memang harus menyadari hal itu dan dijadikan sebagai pedoman hidup. Selain itu kodrat manusia itu mempunyai kelemahan dan kekurangan. Firman Allah dalam Surat Al-Baqarah 2:156 yang maksudnya: Orang yang apabila ditimpa kesusahan, mereka berkata: ''Sesungguhnya kami kepunyaan Allah dan kepada Allah jugalah kami kembali.'' Sabar juga berarti tetap tenang dalam menghadapi cobaan dan masalah, menjauhi larangan-Nya termasuk menjauhi perbuatan maksiat.

• Sabar dalam melaksanakan perintah Allah
Beribadah kepada Allah lahir dan batin, selalu istiqamah dalam mentaati segala perintah-Nya, melaksanakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Dalam pelaksanaan hal itu pasti akan diuji dengan berbagai masalah dan cobaan, saat itulah kita harus menghadapinya dengan sabar. Firman Allah dalam surat Luqman 31:15 yang maksudnya: ''Wahai anak kesayanganku, dirikanlah sembahyang dan serulah kepada kebaikan, dan cegahlah daripada melakukan perbuatan yang mungkar dan bersabarlah atas segala yang menimpamu.''

• Sabar dalam meninggalkan larangan Allah
Kita sebagai hamba Allah harus berjihad untuk melawan hawa nafsu, jangan menper-hamba-kan diri kepada selain Allah. Dalam melaksanakan hal seperti itu kita sebagai hamba Allah harus selalu berusaha untuk membersihkan jiwa dari bisikan setan dan nafsu. Sesungguhnya janji Allah itu adalah benar seperti yang tersebut dalam Firman Allah Surat Al-Ankabut 29:69 yang bermaksud: ''Dan orang yang berjuang untuk (mencari redha) Kami, benar-benar akan Kami pimpin mereka ke jalan-jalan Kami dan sesungguhnya (pertolongan dan bantuan) Allah adalah beserta orang yang berusaha memperbaiki amalannya.'' Juga Firman Allah dalam Surat Al-Nazi'at 79:40-41 yang arti dan maksudnya: ''Dan bagi mereka yang takut akan keadaan semasa ia berdiri di mahkamah Tuhannya (untuk dihitung amalannya) serta ia menahan dirinya dari menuruti hawa nafsu, maka sesungguhnya syurgalah tempatnya.''

Kapan Kita Harus Sabar?
Jadi Allah akan meng-anugerahkan Syurga seperti yang dijanjikan untuk orang yang sabar dalam meninggalkan larangannya. Semoga dari entri di atas kita bisa mengambil manfaatnya untuk selalu belajar bersabar. Mungkin masih banyak jenis kesabaran yang lain, tapi hanya itu yang mampu saya tuliskan saat ini tentang kapan kita harus sabar? dan Sabar Itu Indah.
Wassalamualaikum wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog KhuU Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | web hosting